Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara trik mudah untuk merubah sistem kelistrikan pada motor jupiter mx menjadi fullwave / full DC tanpa merubah spul. walaupun saya yakin sudah banyak yang mengerti akan perubahan sistem kelistrikan ini, namun saya harap tulisan saya ini dapat membantu bagi para mx rider yang masih awam. tehnik ini sudah lama saya gunakan, sudah hampir 5th dan sampai sekarang terbukti awet tanpa ada masalah.
dengan tehnik ini juga tidak banyak ubahan, jadi suatu saat jika anda smua ingin mengembalikan pada posisi kelistrikan semula juga sangat mudah.
baiklah mari kita siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan.
pertama dan yang paling utama adalah sebuah kiprok tiger. pada dasarnya tidak harus kiprok tiger. kiprok lain pun bisa kita gunakan asal sudah menganut sistem kelistrikan DC. saya juga tidak mewajibkan menggunakan kiprok ori. saya sendiri menggunakan merk fuku*ama, karena harga kiprok ori saya rasa cukup mahal, harga 260rb. sedangkan yang abal-abal cuma 60rb saja. hehehe. yang terpenting disini hanyalah ketelitian dan penyambungan kabel yang benar.
![]() |
perbedaan bentuknya |
baiklah mari kita rinci alat dan bahannya.
- kiprok tiger
- soket kiprok
- kabel serabut 3m
- gunting
- selotip listrik (bila ada selang bakar lebih baik)
- secangkir kopi hitam ^_^
- lepas dulu sekring yang ada disebelah aki. karena kita bermain dengan listrik dan harus selalu antisipasi agar tidak terjadi hubungan pendek
- buka cover body jupi mx anda. cukup body samping kanan dan kiri saja. posisi kiprok MX ada disamping kanan
- dari samping kiri mesin cari kabel yang terhubung ke spul. urutkan kabelnya hingga ketemu soketnya (soket dengan 3 warna kabel, putih hitam kuning)
posisi kabel spul - lepas soket spul. dari 3 kabel cuma 2 yang digunakan, hitam dan putih. tapi sebelumnya lepas dulu kabel hitam dan kuning dari soket. khusus kabel kuning tutup dengan selotip. ingat!!! khusus kabel kuning saja. kabel hitam akan kita gunakan
- lepas kiprok MX anda. potong kabel soketnya. jangan terlalu mepet agar masih ada ruang untuk menyambung kabelnya kelak. saya sengaja tidak menyarankan penyambungan kabel dengan sekun / konektor kabel, karena berdasarkan pengalaman saya penyambungan dengan sekun sangat rawan putus karena kualitas sekun dipasaran kurang baik. lebih baik menggunakan tehnik lilitan dobel. dijamin kuat, tidak akan nge-fong, dan anti aus.
- siapkan soket kiprok tiger dan perhatikan posisi pin kiprok. kiprok tiger ada 5 pin, 3 diatas dan 2 dibawah
posisi pin kiprok - ambil kabel dari PIN 1, sambungkan dengan kabel warna merah dari soket kiprok MX (pada soket kiprok MX ada 2 kabel merah, gabungkan dulu keduanya). kabel ini adalah jalur menuju kutub positip (+) aki anda.
- ambil kabel dari PIN 4, sambungkan dengan kabel warna putih dari soket kiprok MX. kabel ini adalah jalur menuju spul, berfungsi sebagai pengisian aki.
- ambil kabel dari PIN 3, sambung dengan kabel warna hitam dari soket kiprok MX. kabel ini adalah jalur menuju kutub negatip (-) aki.
- ingat dengan kabel hitam dari soket spul yang anda lepas tadi?? ambil kabel hitam yang dari arah spul (dari arah bawah / mesin), ingat!!! dari arah spul, bukan dari arah body. sambungkan kabel tersebut dengan kabel tambahan yang sudah anda siapkan, kemudian sambungkan dengan kabel dari arah PIN 5.
- ambil kabel dari PIN 2, sambung dengan kabel coklat. kabel ini sebagai jalur positip (+) dari kunci kontak. kabel coklat dapat anda temukan pada soket switch rem belakang. bisa anda kupas sedikit kabel coklat atau langsung anda sambung pada soket. intinya kabel ini berfungsi untuk menghidupkan lampu utama, dimana sebelumya lampu mendapat daya dari spul sekarang kita pindah dari aki.
soket switch rem belakang - masih ada 1 kabel tersisa dari soket kiprok MX, yaitu kabel kuning dengan sdikit garis merah. sambungkan kabel kuning ini dengan kabel di PIN 2
jika semua proses tadi sudah anda lakukan dengan benar maka sekarang lampu utama sudah bisa nyala tanpa menyalakan mesin motor. sekarang tampilan MX anda sudah nampak seperti motor batangan. dan MX anda juga sudah aman jika hendak melakukan berbagai modifikasi pemasangan lampu HID, LED, atau klakson dan sirine mobil tanpa perlu kuatir aki tekor.sasaji.
itu yang kabel putih dari sepul di kemanain bos?
BalasHapusGmn gan udh nemuin penjelasan kabel putih dikmanain
BalasHapusGmn gan udh nemuin penjelasan kabel putih dikmanain
BalasHapusMksudnya kabel putih yg ada di soket spul kah? Klo itu yg dimaksud ttp aj bro biarin nempel di soket gk prlu dilepas
BalasHapusThanks boss tutorialnyaa mantab tadi ane coba di motor sukses cuma setelah jadi kok lampu seinnya jadi nyala barengan y bbos bisa minta solusinya
HapusGann sorry nih mau tanya ini yg kabel item nya yg dari spul kan di sambung kekiprok ..nah yg item yg arah kebody itu tetep disambung apa didiemin aja??? Thanks sebelumnya.oya bals via wa aja 089694924835
HapusJadi tuh kbel hitam body itu ttp nyambung ke spul(jdi ygim item dari spul kearah kiprok dan body) apa kosong?
Hapuskabel hitam yg dari arah spul itu di sambung pake tambahan kebel tadi trus pasang di pin socket nomer 5
HapusMksudnya kabel putih yg ada di soket spul kah? Klo itu yg dimaksud ttp aj bro biarin nempel di soket gk prlu dilepas
BalasHapusJadi cuman kabel putih dari spul yang ttp nyambung di soket ya gan.
BalasHapusTetapi kalau lampu blum diganti hid / led bisa gak gan. Blum ada dana nyicil dulu π
Jadi cuman kabel putih dari spul yang ttp nyambung di soket ya gan.
BalasHapusTetapi kalau lampu blum diganti hid / led bisa gak gan. Blum ada dana nyicil dulu π
Jadi kabel hitam yang dari soket spul setelah di tambah kabel terus di sambung lagi apa gak gan? Mohon penjelasannya
BalasHapus@ bro ardi iy yg ttp disoket cm kabel putih. Gk mslah wlopun blm ad ubahan lampu bro. Mlah enak nyala lampu lebih trang krn gk ngikut putaran mesin lg
BalasHapus@ bro johan kabel hitam disambung kabel tambahan trus diarahkan ke pin 5 bro
@ bro ardi iy yg ttp disoket cm kabel putih. Gk mslah wlopun blm ad ubahan lampu bro. Mlah enak nyala lampu lebih trang krn gk ngikut putaran mesin lg
BalasHapus@ bro johan kabel hitam disambung kabel tambahan trus diarahkan ke pin 5 bro
Kok waktu pas nyalain motor trus di kunci kontakx di off kan kok mesin motor ngak ikut mati yaa
BalasHapusitu untuk new jupiter mx apa jupiter mx old gan?
BalasHapusJupi mx old dan new sama gan prosesnya
BalasHapusJupi mx old dan new sama gan prosesnya
BalasHapusTrus apa harus dijamper lampu depannya? (non aho)
BalasHapusBiasanya kan dijamper dulu tuh yg di holder kiri.
Buat apa dijumper?
BalasHapusGk perlu bro
Buat apa dijumper?
BalasHapusGk perlu bro
Mau tanya fungsi kabel kuningnya buat apa ya bro???? Kenapa gak dipakai??? Soalnya motor mx saya setelah jadi fllwave dgn cara diatas, jadi kaya ada yg oblag di dalam mesinnya???
BalasHapusKabel kuning adalah jalur untuk lampu dari stator. Krn kita fullwave jd jalur itu tdk perlu, jalur lampu lgsg ambil dari aki.
BalasHapusBoleh tau yg oblak di mesin bagian mana? Kanan, kiri, tengah, atau blok kop?
Krn proses ini tanpa membuka mesin jd sya rasa mustahil kalau sampai ada yg lepas/oblak didalamnya.
Kabel kuning adalah jalur untuk lampu dari stator. Krn kita fullwave jd jalur itu tdk perlu, jalur lampu lgsg ambil dari aki.
BalasHapusBoleh tau yg oblak di mesin bagian mana? Kanan, kiri, tengah, atau blok kop?
Krn proses ini tanpa membuka mesin jd sya rasa mustahil kalau sampai ada yg lepas/oblak didalamnya.
Widih sakti banget, dari oprek kelistrikan bisa sampe mesinnya yg oblak hehe
BalasHapusBtw nice share bro, nanti kalau ada waktu dan niat bongkar ojmx mau ane praktekin ah
Monggo bro. Kalau ada masalah bisa share disini
BalasHapusBro ane mau nanya . Ane ganti arus dc di bengkel . Ane pake lampu LED nah kemarin motor ane di pinjem sama sodara pas ngga pakai aki. Skrg ane udah pasang aki lampu LED ane jadi redup . Biar normal lg gmna ya bro ? Mohon penjelasan nya .. thx
HapusOK, berangkatttt...
BalasHapusKalem2 wae mas ojo ngebut hehehe
BalasHapusKalem2 wae mas ojo ngebut hehehe
BalasHapusMau nanya mas,cb150r sudah fullwave kan ya?yg sy tanyakan dr stator kan ada 3 kabel warna kuning (pengisian) yg dihubungkan ke kiprok melalui soket nah kenapa dibagian sambungan soket antara kabel dr spul-kabel body sering sekali gosong/kebakar? Tolong pencerahannya mas suwun
BalasHapusMau nanya mas,cb150r sudah fullwave kan ya?yg sy tanyakan dr stator kan ada 3 kabel warna kuning (pengisian) yg dihubungkan ke kiprok melalui soket nah kenapa dibagian sambungan soket antara kabel dr spul-kabel body sering sekali gosong/kebakar? Tolong pencerahannya mas suwun
BalasHapusBoleh tau mas gosong/terbakarnya pas gmn? Pas dinyalain dobel stater kah? Atau pas lg dipakai perjalanan tiba2 terbakar?
BalasHapusthanks mas sangat membantu saya sebagai mekanik yamaha
BalasHapusSama2 mas. Sneng bisa membantu
BalasHapusSama2 mas. Sneng bisa membantu
BalasHapusMas, saya udh ganti mx jadi full wave, tp Kok motor sering tekor aki, lampu dpn Led jd redup redup?
HapusMas saya mau tanya kemaren saya udah rubah fullwave sesuai cara diatas setelah selesai saya coba jalan lampu bolam ga ada masalah. Tp lama kelamaan kog jadi gak kuat buat klakson ya? saya pake klakson keong yg doble.. bahkan nyalain lampu sein pun lampu utamanya jadi redup? kira kira ada yg salah gak?
BalasHapusBerarti yg perlu dikoreksi yg pin 5 mas. Pastikan pin 5 mengarah ke kabel tambahan yg disambung ke kabel hitam soket spul yg sudah dilepas. Ingat, kabel hitam yg sudah dilepas. Banyak yg kliru penyambungan disini mas. Pastikan yg disambung kabel hitam dari bawah/arah spul, bukan yg dari atas/kabel body
BalasHapusJadi kabel hitam yang dari body tidak di pasang ya.
Hapusoke mas makasih besog saya cek lagi kalo udah oke saya pamerin πππ
BalasHapusSiapp . klo masih ada masalah monggo dishare di mari
BalasHapusSiapp . klo masih ada masalah monggo dishare di mari
BalasHapusTd udah dibongkar lg sama tmen saya mas. Ternyata kabel hitam yg dr spul tdk diputus sama tmen saya. Tp langsung disambung jd nyambung di dekat soketnya... apa itu sumber masalahnya mas? soalnya pengisian tidak mau naik. Setelah diputus kabelnya baru disambung dgn soket dr pin 5 . Setelah itu saya nyalakan mesin lalu saya putar gas memang daya yg masuk ke aki dpt naik. Tp aki saya terlanjur drop cuma 10v setelah diperbaiki sambungannya ketika mesin nyala dpt naik sampe 12v. Apa itu sudah benar mas? soalnya saya coba jalan malam hari dr rumah tmen saya ke rumah saya jarak hampir 30km belum sampe rumah lampunya udah ga kuat nyala lg. Apa karena aki sudah terlanjur drop mas? tp apakah pengisian tsb sudah benar? suwun sebelumnya mas...
BalasHapusBnr mas, itu permasalahannya. Kabel hitam dptus dlu. Kalau aki udah drop gt klo cm ngandalin pengisian motor gk bs. Smpean strum dulu masih bs itu klo masih 10v. Gk ush buru2 gnti baru
BalasHapusTadi pagi saya bongkar. Saya rasa udh aman semua. Awal pengecekan stater masih kuat. Klakson masih bunyi. Lampu reting masih nyala. Pas sore saya pakai mulai lampu reting enggk bisa kedip. Terus klakson ngedrop bunyinya. Stater enggk kuat. Nah pas malamnya saya pakai jalan krng lebih 8km. Lampu utama saya nyalakan. Sekitar jarak 4 km. Lmpu utama mulai redup. Gas menurun kalau digas pul mau mati dan indikator lampu merah d speedometer menyala. Kalau di matikan lampu utama baru mati lampu indikator merahnya. dan bunyi klaskson sama sekali enggk ada bunyinya. Itu gangguan apa bro? Akinya ngedrop atau ada yang salah?
BalasHapusPersis seperti kasus diatas mas bro. Kabel hitam yg dari spul yg mengarah ke pin 5. Pasti ada kesalahan disana. Monggo dicek
BalasHapusPersis seperti kasus diatas mas bro. Kabel hitam yg dari spul yg mengarah ke pin 5. Pasti ada kesalahan disana. Monggo dicek
BalasHapusBelum sempet saya setrum akinya mau bt brgkt kerja malah mati mesinnya mas. Indikator yg di speedo nyala. Saya pake cdi brt indicator lampu biru nyala trrus. Tanda ada masalah kelistrikan. Penyebab mesin mati apa karena ga ada suplai listrik dr aki ke cdi nya ya mas?
BalasHapuskalo sudah fullwave tegangan di aki normalnya brp volt mas? Saya takut kalo kiproknya jg bermasalah... soalnya beli yg merk thailand. Katanya yg jual sih kualitasnya lbh bagus ketimbang fukuyama
BalasHapusKalau tegangan aki turun indikator memang nyala mas, nyala redup. Sya jg pakai brt itu mas, dualband. Iy mas mesin mati krn listrik masuk cdi kurg. Dsini krn aki smpean drop. Kalau udah dc tegangan normal mas 12v. Kalau mesin nyala bisa smp 14,4v. Sbaiknya aki disetrum dulu mas biar voltase normal dulu
BalasHapusSejauh yg sya tau kiprok merk apapun kalau masih baru gk prnh ada yg trouble mas. Perbedaan cm di masa pakai aja. Kalau kiprok ori lebih awet dr yg kw
BalasHapusSudah beres mas skrg. Kmaren waktu dibawa ke bengkel sama babe saya katanya pas dinyalain malah konslet di sambungan yg di socketnya. Alhasil kiprok jd ikut rusak dan diganti sama yg ori tp bekas. Apa kabel socket bawaan gak kuat nahan panasnya ya mas? tp setelah itu saya cek tegangan aki normal ketika mesin nyala ada dikisaran 14v.
BalasHapusBisa jd krn kualitas kabel soketnya jelek mas. Kalau sudah ada di kisaran 12-14v sudah normal mas. Siap buat dipasang berbagai asesoris kelistrikan tanpa takut tekor. Heheh
BalasHapusBisa jd krn kualitas kabel soketnya jelek mas. Kalau sudah ada di kisaran 12-14v sudah normal mas. Siap buat dipasang berbagai asesoris kelistrikan tanpa takut tekor. Heheh
BalasHapusSipp mas makasih banyak udah dibantu dari jauh.... jd bingung mau tambah aksesoris apalgi nih.... ada saran gak mas? hehe sementara baru pake lampu led 3sisi...
BalasHapusSama2 mas. Sneng bs membantu.
BalasHapusKalau asesoris trgantung selera mas. Yg pntg cocok dgn aliran modif yg dianut. Klo buat yg simpel2 sih tmbhin klason mobil mas biar manteb. Sy pake klakson Den*o disc, sama sprti avanza innova. Jd enak suara klakson gk "culun" lg. Hehehe
Sama2 mas. Sneng bs membantu.
BalasHapusKalau asesoris trgantung selera mas. Yg pntg cocok dgn aliran modif yg dianut. Klo buat yg simpel2 sih tmbhin klason mobil mas biar manteb. Sy pake klakson Den*o disc, sama sprti avanza innova. Jd enak suara klakson gk "culun" lg. Hehehe
Kalo klakson sih udah pake yg model keong 2 sama pasang flasher hazard... pengennya sih modif lampu kota jd model led audy... tp di semarang agak susah nyarinya...
BalasHapusTp kemaren jg sempet nganterin temen nyari klakson mobil yg model ky kijang innova. Trus bantuin pasang... anjirr dah suaranya bikin shock jantung :D
BalasHapusBagus emg lampu model audi itu mas. Prnah baca c di kaskus yg bahas lampu itu, cm lupa tritnya. Smpean cb cari2 info disana. Sp tau nemu seller jg yg lokasinya dkt rmh
BalasHapusNanya lg bang... kog kiprok ane kebakar lg ya? yg ini parah bgt sy pulang kerja malem tba tba lg jalan udh sampe terbakar sampe tebeng motor saya kebakar... T.T
BalasHapuspenyebab terbakar ap sambungan ad yg salah atau karena kualitas kabel/sambungan yg jelek ya?
Woooww ko bs smp kbakar. Kabel hitam yg dr spul sudah bnr y? Diputus dulu trus dsambung kabel tambahan. Trus sambungan2 kabel sudah dipastikan aman semua ditutup heatsink atau isolaai? Sya agak curiga ada bbrpa sambungan yg koslet ko bs smp trbakar gt
BalasHapusSptinya ad kabel yg konslet. Soalnya lokasi tebeng saya yg kena api agak depan dibawah paha kalo lg bwa mtor. Sedangkan kiprok nya ad di belakang... alhasil saya bawa ke bengkel harpindo trus saya suruh kembaliin ky awal lg pake kiproknya mx.. balik ac lg deh T.T
BalasHapusSampe kebakar gitu tp kog kelistrikan lampunya gak konslet ya.. lampu sma variasi msh normal smua. Cmn lmpu kota mati satu
Ma'af mas pin 5 itu di bawah pin 1 atau pin 3 yach?
BalasHapusWahh sayang bgt smp gt. Sikring mati jg gk mas? Klo koslet scr teori hrusnya sikring ptus. Tp klo sikring ttp bs jd pemilihan kabel kurg tepat, gk kuat nahan arus yg lewat.
BalasHapusJd ikut sedih mas
Pin 5 dibawah pin 3 mas
BalasHapusMas jika sudah berhasil fullwafe apakah lampu utama tidak akan redup jika lampu rem nyala?
BalasHapusKiprok panas stelah jln 1 jam apakah normal mas?
Mas jika sudah berhasil fullwafe apakah lampu utama tidak akan redup jika lampu rem nyala?
BalasHapusKiprok panas stelah jln 1 jam apakah normal mas?
Selama aki kondisi sehat lampu gk akan redup mas. Kiprok memang mengeluarkan panas, itulah knp sya sarankan kiprok menempel/dibaut kuat ke rangka. Krn itu untuk membantu pelepasan panas
BalasHapusSelama aki kondisi sehat lampu gk akan redup mas. Kiprok memang mengeluarkan panas, itulah knp sya sarankan kiprok menempel/dibaut kuat ke rangka. Krn itu untuk membantu pelepasan panas
BalasHapusBukan bawah mesin bro, atas mesin. Dkt engine mouting. Posisinya trtutup cover body sbelah kiri
BalasHapusSaya udh coba pake cara diatas,,, tapi kok tegangan akinya kalo hidh rpm sampe 15,1 volt yaa? Masih aman kah itu? Aksesoris cuma lampu depan LED 3 sisi.
BalasHapusMas kmaren normal.tapi skarang masalah lagi,lampu di indikator gigi redup mas.pas jln lampu utama juga ikut redup
BalasHapusYg dipakai cuma yg soket isi 3 kabel bro, hitam putih kuning. Yg soket isi 5 kabel biarin aj
BalasHapusom mau nanya. kan pemsangan ku beda lo dri yg. di terapkan. tpi kirox nya panas om smpe ke kbel. tpi semu fungsi kok gak mslah itu apa ya om.
BalasHapusSelama pemakaian kiprok emg mgeluarkan panas. Maka dr itu kiprok harus dibaut nempel ke rangka untuk membantu pelepasan panas. Kalau smp panas berlebihan dicek aj udah nempel rangka dgn bnr gk. Ati2 kalau panas dikabel kelewat bisa2 kabel terbakar
BalasHapusSelama pemakaian kiprok emg mgeluarkan panas. Maka dr itu kiprok harus dibaut nempel ke rangka untuk membantu pelepasan panas. Kalau smp panas berlebihan dicek aj udah nempel rangka dgn bnr gk. Ati2 kalau panas dikabel kelewat bisa2 kabel terbakar
BalasHapusoh ya om. kan klo di mx dri kiprox itu ada kbel kuning merah nah itu gak dpke atau gimna om
BalasHapusbgini om penerapan nya sdah bnar. dri spul ada 3 kbel kbel kuning hitam sma putih. kbel kuning sma hitam sya potong langsung. terus kbel kuning sya beri lakban.kbel yg hitam sya alurkan ke posisi pin 5 terus. kbel kuning strip merah sya gbung lngsug ke kbel kunci kontak warna coklat.nah permasalahan nya lampu besar gak mau nyala accu nya tekor dengan sendiri om. terus brusan. pengapian lngsung hilang. nah itu kira-kira mslahnya terdpat dimna ya om
BalasHapusKabel kuning strip merah disambung ke pin 2 kiprok tiger.
BalasHapusTrus untuk jalur + lampu ambil dr positip switch rem belakang
Mas kalau fuklwafe satria fu sama atau tidak ?
HapusKabel kuning strip merah disambung ke pin 2 kiprok tiger.
BalasHapusTrus untuk jalur + lampu ambil dr positip switch rem belakang
broo .. posisi dimana ,bsa bantu mx old saya jadi fullwave ngga yah ? maaf newbie bgt soal kelistrikan nih . hehehe
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih banyak mas tutorial fullwave nya ,sekarang motor adikku sudah joooossss..... Saran aja mas,untuk tutorialnya yang soket spull,setelah kabel kuning di bungkus solasi dan kabel hitam di kasih kabel tambahan,di kasih kata "soket di kembalikan ke tempat nya lagi dengan bersama kabel putih yang tidak di apa2 kan...tadinya sempat bingung ,,,nih soket di biarkan saja,apa di pasang lagi ,trus kabel putih nya mau di apakan...itu aja ,,sekali lagi terima kasih banyak bagi2 ilmunya.....sasaji
BalasHapusPosisi di malang mas aditya nugraha.
BalasHapusTerimakasih mas swan gyver atas koreksi dan sarannya biar bisa lebih mudah lg dicerna para mx rider yg mau bikin fullwave
BalasHapusKok lampu masih kedip ngikut putaran spul ya gan...? Padahal cara sudah benar persis sperti di atas...! Mohon info nya....
BalasHapusKok lampu masih kedip ngikut putaran spul ya gan...? Padahal cara sudah benar persis sperti di atas...! Mohon info nya....
BalasHapusPerlu dikoreksi lg soket spulnya gan. Yg ada 3 kabel. Sama kabel yg kearah pin 5
BalasHapusPerlu dikoreksi lg soket spulnya gan. Yg ada 3 kabel. Sama kabel yg kearah pin 5
BalasHapusIya bener gan yg 3 kabel.... tp nyala awal masih kedip ngikut, tp lama kelamaan stabil.... tp body motor panas bgt, ngeri kebakar.... kiprok udh kenceng nempel di rangka body... gimana gan?
BalasHapusBro mau tanya, untuk kabel kuning strip merah udah d gabung ma kbel dri pin2 + d gabung ma kabel coklat dri kontak, alhmdulillah smua nyala cuma ada satu yg bingung knp lampu rek ko jdi gk nyala fungsi ya
BalasHapusSuhu, saya udh mngikuti tutorial d'atas..
BalasHapusTp knp generator ngga mw ngecharg aki..
Dan aki malah jd soak..
Tlng suhu penjelasan.ny..
Mas maaf mau nanya saya kn udah ngikutin cara yg di atas tapi kkabel dari sepul yg warna putih kalo di sambung jadi koslet dan aki mendadak langsung tekor trus sikring putus. Mhon bntuannya mas.
BalasHapusPengen nyobain..tp masih takut knpa2 di jalan..buat persiapan mudik soalnya. hehehe
BalasHapusKalau aki tdk mau ngecahrge prlu dicek lg kabel hitam yg dr spul. Dicek lg pelan2 sesuai cara diatas bro
BalasHapusKalau aki tdk mau ngecahrge prlu dicek lg kabel hitam yg dr spul. Dicek lg pelan2 sesuai cara diatas bro
BalasHapusMohon info gan...motor MX saya kadang hidup nanti pas jalan mati lagi..kira2 apanya ya...alangkah baiknya di gambarnya mas rangkaianya JD lebih enak Dan jelas..trims info ke email mas
BalasHapusKok mx saya tanpa aki gak bisa nyala terus gak bisa ngecharger om. Pdahal semua sdah betul. Ada sran gak om sdah 2x gnti kiprox yg ori nih om
BalasHapusTerus klo di psang aki bisa nyala terus aki nekor sendiri om di diamin 10 mnit normal lgi terus mati lgi om mesin nya. Ada saran om
BalasHapusgan makasih sharenya, akhrnya mx saya selamat stlh ikut cara di atas, mx ane udh 2x korslet 2x gnti led 6 titik krna mekanik abal", akhrnya saya bongkar sndri ikut cara di atas. makasih gan dan sukses slalu. slm dari Manado
BalasHapusMas mau tanya nih, mx saya udah saya ubah jadi fullwave sesuai dengan petunjuk mas bro, tapi ada masalah mas bro tiba2 mx saya drop pada waktu di nyalakan lampu
BalasHapusSama2 mas chrys. Salam kenal jg dr malang
BalasHapusSilahkan dicek lg mgikuti cara2 diatas bro prasetyo. Psti masih ada sdikit yg kurg sesuai itu
BalasHapusSilahkan dicek lg mgikuti cara2 diatas bro prasetyo. Psti masih ada sdikit yg kurg sesuai itu
BalasHapusmas mau nanya, kalo udh fullwave mengikuti cara diatas, trus lampu ttep ikut putaran mesin (AC) bisa gk mas? soalnya mau gnti kiprok tiger tp lampu ttep AC mas. suwun masbro
BalasHapusMaaf mas.saya masih kurang paham.ada baiknya di setiap tahap atau proses di sertakan Gambar saat agan merakit fullwavenya.
BalasHapusmakasih sebelumnya.
mas Akhrizal Naramewa Rasio
BalasHapusMinta pin bb nya dong.biar lebih enak ngomongnya.
atau invite pin saya 5D1A46CE
salam dari medan
MAS ITU TAHAP TERAKHIR MAKSUDNYA GMNA ? AMBIL KABEL DARI PIN 2 ? KABEL APAAN ? KABEL DARI MANA ??
BalasHapusTHANKS.
Ya mas.mohon pencerahannya
BalasHapusgan saya udah ikutin sperti di atas dan mngecek sambungan", tp knpa pas kontak di on kan kabel pin 2 yang kuning yang nyambung ke kabel coklat terbakar dan putus, dimana kesalahan saya ??
BalasHapusmohon di balas min, trimakasih.
Maaf sedulur semua, krn saya sudah jarang ol, buat yg mau tanya2 seputar fullwave mx silahkan invit pin saja, sudah ada di profil. Maturnuwun
BalasHapusMaaf sedulur semua, krn saya sudah jarang ol, buat yg mau tanya2 seputar fullwave mx silahkan invit pin saja, sudah ada di profil. Maturnuwun
BalasHapusAlhamdulillah clear juga. . . yg pertama gagal, setahun baru terungkap. . . ternyata menyambung kabel hitam dari arah spul itu bukan yg ke sepul tapi kabel hitam yg ke atas rangka. . . bukan begitu suhu bro akhrizal . . .
BalasHapusGan kenapa ya mx saya malah kebakar kabelnya setelah saya jadikan fullwave.pemakaian 2 minggu pertama aman gan fullwavenya. Setelah lebih dua minggu tiba2 mati motornya. Saya cek ternyata kabel dari kiprog gosong gan.
BalasHapusMas bagi tutorial bwt new vixion dong..
BalasHapusApa sama caranya dg MX mas?
Klo yg simple katanya dg men jumper kbel kuning kiprok di smbung ke kabel coklat sein(+).
Aman tdk sprti cr di atas mas?
Malang mana sam ? Aku yo ngalam
BalasHapusYg masih membingungkan yaitu pin 2 di pasang dgn kabel coklat switf rem, terus kabel kuning bergaris merah juga digabung dengan pin 2 ?
BalasHapusMakasih mas... Trik nya uda saya coba.. Cuma knpa ya lampu pada mati semua,?? Lampu depan sama belakang juga mati
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
Ini cara fullwave yang salah kaprah...
BalasHapusMX lama pengisian masih halfwave..
Kabel putih itu pertugas dalam pengisian aki dan kuning utk lampu,, jika cuma di pakai yg putih pengisian nya cuma 1,5 amper,... Kalau listrik kontak on lampu ikut aki ya tekor lama,.. harus ada perlakuan di spul yaitu fullwave atau pengisian penuh.. Kalau pakai kiprok tiger tp spul belum di floatik atau di masa gantung ya sama juga bohong broow...
Trus yg bner gmna bang? Ksh info dong bang
HapusTrus yg bner gmna bang? Ksh info dong bang
HapusMasbro setelah saya ikutin keterangan di atas kok setelah satu hari pake motor gak kuat stater ya.
BalasHapusMohon penjelasannya
Mas honda blade bisa gak ? Apa caranya sama seperti mx
BalasHapusPermisi boleh tanya
BalasHapusMas ketika kabel hitam Dr spul langsung saya sambung ke pin 5 pake kabel tambahan kok mesin gx bisa nyala yah,tp setelah d rubah dl arti kabel tambahan saya suntik ke kabel hitam spul jd gx memotong kabel spul setelah itu saya kembalikan kabel seperti biasa ke soket baru mesin nyala,cuman segitiga panas yah nyampe ke kunci kontak apa kira kira penyebabnya
BalasHapusMas ketika kabel hitam Dr spul langsung saya sambung ke pin 5 pake kabel tambahan kok mesin gx bisa nyala yah,tp setelah d rubah dl arti kabel tambahan saya suntik ke kabel hitam spul jd gx memotong kabel spul setelah itu saya kembalikan kabel seperti biasa ke soket baru mesin nyala,cuman segitiga panas yah nyampe ke kunci kontak apa kira kira penyebabnya
BalasHapusPermisi boleh tanya
BalasHapusMas mau tanya kok kabel hitam Dr spul ane langsungin ke pin 5 mesin gx nyala yah, tp stelah d rubah kabelnya dlm arti kabel tambahan cuman ane suntikan doang ke kabel hitam spul Dr arah jd gx merubah kabel spul hitam kabel spul itu tetap nyambung seperti aslinya batu mesin bisa nyala, benar apa tidaknya mohon penjelasannya mas
BalasHapusMaaf bang, saya udah ikutin smua caranya, tp knp aki saya gak mau ngisi y? Jd ngedrop trus, mohon panduannya, klo bs tlng wa aj bang, biar saya kirim gambar yg udah saya kerjakan menurut blog abang ini, ini no wa saya 081213114787. Thanx atas perhatian n bimbingannya bang
BalasHapusMaaf bang, saya udah ikutin smua caranya, tp knp aki saya gak mau ngisi y? Jd ngedrop trus, mohon panduannya, klo bs tlng wa aj bang, biar saya kirim gambar yg udah saya kerjakan menurut blog abang ini, ini no wa saya 081213114787. Thanx atas perhatian n bimbingannya bang
BalasHapusGan punya ane ko klo di sen lampu utama juga malah ikut ngedip ...gimana ya gan
BalasHapusOm cara pasang lampu led audi agar gantian kedip dengan lampu sein gmn ya. Thanks
BalasHapusBerarti kiproknya dua ya broo...
BalasHapusKiprok lama dan baru dipakai semua ya...
Kalo mx pindah ke full DC ,,aki jadi cepet tekor gak sih...
Berarti kiproknya dua ya broo...
BalasHapusKiprok lama dan baru dipakai semua ya...
Kalo mx pindah ke full DC ,,aki jadi cepet tekor gak sih...
Berkat membaca comen kalian alhamdulilah jadi nambah ilmu........
BalasHapusgan mau nanya juga,sy usah ikutin tutor yg dia atas keseluruhan.nya,tapi kenapa ya pas pasang sikring keluar percikan api dan bunyi prepet2 kaya korslet gitu,spa ada yg salah sama pemasangan nya ya,minta saran nya gan
BalasHapusmas mau tanya? ini kan jupe mx ku uda di bikin full wave! trus berhasil sukses besar. mulai pake bel mobil, lampu led sorot, lampu hazart, led mata elang, pokoknya banyak intinya. trus muncul kendala (posisi motor di ajak jalan & lampu di nyalakan smua ) di sa'at bel di tekan. kok ada salah satu lampu yg redup! itu knp ya? minta solusinya mas.
BalasHapusapakah perlu ganti gulungan spul yg semula standart besar kabel 0,8 di naikan 1,2? di tunggu masukanya mas, trima kasih
Berarti beban sudah terlalu banyak bang. Setahu saya kalau dgn pemakaian beban yg bnyk bisa diatasi dgn pakai aki yg lebih besar ampere nya
HapusBerarti beban sudah terlalu banyak bang. Setahu saya kalau dgn pemakaian beban yg bnyk bisa diatasi dgn pakai aki yg lebih besar ampere nya
Hapusseneng banget nih punya blogger kaya mas akhrizal, rela ngorbanin waktunya buat bales pertanyaan nya dgn sabar. aplaus bgt dah mas jaya terus. btw, joss bgt sarannya hehe salam 135 lah ya
BalasHapusAplaus jg,,,,saya salah satu orang yang terbantu/mendapatkan ilmu nya di blog nya Sam akhrizal...sasaji
Hapusjadi kabel coklat dengan kuning d gabungkan, langsung masukan ke pin 2 , gitu bukan gan
BalasHapusGan kenapa sikring saya mati dan kabel sikring nya jadi panas ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih tutorialnya. Sudah di praktekkan dan berhasil rata2 pengisian 14,07 volt di old mx 2007.
BalasHapusMas klo kunci kontak of pa lmpu msh bs nyla mas
BalasHapusSetelah mengikuti tutorial di atas, kenapa lampu depan tidak menyala ya gan
BalasHapusGan,,maaf numpang tanya..
BalasHapusSetelah berhasil jdi dc,,knp yach ikon gambar kunci merah yg di spido jdi nyala terus... Itu kan ikon temperatur guage kalau gk salah..
Gan ciri kiprok kalo udah koid bin isdet alias mati gimana cirinya....
BalasHapusNi mx ane waktu dikontak on lampu di dasbord nyala semua...tapi waktu distarter,nyalain sen,ataupun klakson ...langsung dehhh matii semua kaya tekor aki..
Ditunggu menit hidup lagi lampu dasbord gw pencet starter mati semua lagi....
Apanya itu gan...
Bantu jawab,kiprok udah koid nbin isdet alias mati mati.,,,salah satu tandanya ,,,kiprok tidak hangat ketika mesin hidup,karena tidak ada strum yang lewat/masuk ke kiprok ...
Hapusitu aki pake berapa ampere ? di jumper atau ga kalau pakai aki bawaan pabrik?
BalasHapusPakai aki std bang. Gk perlu dijumper
BalasHapusbang numpang tanya, kabel sepul tuh letak nya dimana yah,
BalasHapustu cara yg diatas mas untuk motor mx y?klu untuk jupiter z tahun 2006 sama gak mas cara perakitanya?
BalasHapustrimah kasih sblmya mas
Emang mantap om..
BalasHapusudah slesai
good
saya pingin nyoba nie ke jupie old ane,ntar bantuan ya kawan kalau blm berhasil.
BalasHapusoiya gan kira2 aman gak ya kalo lampu depan hid beserta assesorisnya tuk kabel sambungannya ntar?
BalasHapussudah berhasil gan tapi sayang foto kabelnya kurang tepat,harusnya yg di foto kabel depan mesin hehehe tapi tetep top dah....
BalasHapusItu kabel item yg dr spul yg td dilepas trus dsmbung ke pin5...itu dpasang lg gk ke soketnya......?
BalasHapusMas saya pake aki 6amper, gejala pertama stelah 1minggu di ubah jadi Dc lampu dekat mati, nah sekarang lampu senja ikut mati dua2 nya,
BalasHapusLampu utama pake yg 35wat
Lampu senja pake yg 5wat , gimana ia mas solusinya? Apa harus ganti lampu les
#lampu Led
BalasHapusSudah ku ikutin semua sarannya gan, tapi kok malah gak bisa hidup ya gan?
BalasHapusMau tanya mas klo dah ikutin tutorial it aki bisa kelebihan pengisian gk klo bs kelebihan setrum aki cpet rusak trs solusinya di kasih apa ... trs model sperti itu d terapkan di motor fiz r bsa gk mas
BalasHapusTidak akan kelebihan pengisian,karena di kiprok nya sudah ada limiter(untuk membatasi arus klo aku sudah full),semua motor bisa..
HapusGan mau tanya ni, saya pake kiprok brt punya jupiter mx nya dan arusnya udah diganti DC sama mekaniknya tapi kok aki masih sering tekor dan kalau nyalain lampu utama klakson gk bunyi dan kalau nyalain lampu sein, lampu utama kedip-kedip. btw saya pake lampu led 3 sisi
BalasHapusSekali lagi thanks Sam nawaera,,,,sedikit ribet,tapi klo bener sesuai instruksi nya,pasti joosssss Motor nya....
BalasHapusBro njmx saya belum pasang kelistrikan full dc .. dan njmx saya sudah pasang flasher touring klakson denso 2 buah . Dan pada saat saya pasang lampu senja yg kelip kelip dia ketika saya nyalakan starter lampu senja saya kelip kelip bersamaan yg disebelah kiri dan kanan..lalu ketika saya gas motor skitar jarak 20 meter lampu senja yg sebelah kiri hanya menyala biasa dan lampu senja kanan berkelip terus .. apakah ini bermasalah dengan kelistrikan aki ?? Atau aki saya tidak kuat??
BalasHapuskang mas,motor saya jupiter mx,saya set seperti arahan diatas,saat di hidupkan normal,tapi masalahnya saat digas rpm tidak naik malah nyendat2,,, kira-kira permasalahannya dimana?
BalasHapusmas bro motor saya coba dirubah kelistrikannya sperti di atas, tapi setelah pasang lampu projie HID, malah tekor aki,padahal saya sudah ganti aki yang baru,,mohon penjelasannya balas
BalasHapusmas bro motor saya coba dirubah kelistrikannya sperti di atas, tapi setelah pasang lampu projie HID, malah tekor aki,padahal saya sudah ganti aki yang baru,,mohon penjelasannya balas
BalasHapusCoba dicek kabel hitam yg dari spul. Sudah bnr sambungnya dr spul atau dr body
HapusSekali lg trimakasih buat semua mx rider yg ikut meramaikan blog in, dan berhub saya sudah sdikit ribet dgn krjaan jd sangat jarang buka blog, saya aturkan maaf. Buat semua yg punya prtanyaan seputar fullwave jupi mx monggo silahkan invit bbm saya saja di 5727f6de. Insyaallah lebih fast response drpd di blog. Salam.
BalasHapusBro punya ane pas ikutin cara diatas...Trs ane pasang sikringnya tapi,malah putus GA kuat sikringnya..Mohon bantuannya.trm ksih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusWork gan tapi jalurnya ada yang saya modif dikit,pin 1 aku bikin kabel langsung ke aki,pin 2 di gabung ke pin 1, pin 3 kabelnya langsung nempel ke bodi( ground) pin 4 dan 5 aku bikin kabel sendiri langsung ke socket yang di sepul ,untuk kabel lampunya saya ambil dari kontak warna coklat,saya bikin jalur kabel sendiri,jadi socket ori masih utuh,
BalasHapusom kalo ga ganti kiprok apa bisa ?
BalasHapusmas,,mtor mx saya sudah di rubah ke DC,,kmarin sih normal,,tpi knapa yah sekarang kiprok nyah jebol,,sampr ngeluarin banyak asap,,tolong info nyah mas.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBang kalo kita udah ngerubah jadi fullwave sperti cara di atas apakah di bagian lampu ada yg perlu di ubah lagi kabelnya
BalasHapusOm.. New mx saya udh lama pake cara itu buat DC.. fullwave.. tapi skrng ini timbul masalah baru, posisi spedah motor pasang HID, awalnya enak stabil, tp pas saya buat mudik dr banyuwangi sampai paiton probolinggo, normal.. tapi setelah paiton sampai probolinggo, lampunya redup jika dinyalakan smua. Alhasil saya matikan hid nya.. jadi agak terang (lampu spido n lampu kotanya) trs saya buat jalan lagi sampai pasuruan, drop redup smua lampunya dan indikator suhu mesin di spido menyala.. dan di gas tidak mau lagi. Apanya yg salah om ? Kiproknya merk fukuyama.. saya sangat galau mohon pencerahannya.
BalasHapusdi rubahan ini kok saya rasa ada yang aneh ya..coba perhatikan soket dari spull yang kabel warna hitam,kabel hitam itu awalnya adalah ground,tapi di ubahan ini kenapa dari ground bisa jadi jalur pengisian (ke pin 5)..kayaknya ada yang salah deh.
BalasHapusAne mlah nambah masalah��
BalasHapusGan apakah wjib harus ganti kiprok,,soalnya pas ud di ubah arus ac ke dc,,lampu mtor aku lama klamaan mulai redup,,ster tangan pun nga kuat dn klakson pun bunyinya jdi kecil,,mhon sarannya gan.
BalasHapusSoalnya kiprok standartnya blum aku ganti ganπ
BalasHapusMohon infonya gan?
BalasHapusKabel yang dari sepull yang warna kuning sama hitam di putus, harus di sambung lagi apa di sambung ke mana ? Makasih....
Gann sorry nih mau tanya ini yg kabel item nya yg dari spul kan di sambung kekiprok ..nah yg item yg arah kebody itu tetep disambung kehitam spull apa didiemin aja(disolasi)??? Thanks sebelumnya.oya bals via wa 089694924835 atau komentar juga ngaa apapa gan makasih yaaa
BalasHapusmaap ya aga agan tp setau saya klo na ful wafe hrus ad robahan d spul jg.klo ga d robah sma aja bhong.
BalasHapussebenrnya pin no 2tu indikator kiprop.yg 3masa bodi.yg 5masa spul.klo sya baca d atas wajar aja pke lampu hid masi tekor.toh spol nya ga d robah.wlw ngikutin cara d atas.apa lagi hid 8000klfn.klo led yo lah ga bakalan tekor.toh ngambil dayany kecil.tp ska bkin rusak aki.
Maaf gan mau nanya sdh sya ikuti dari awal hingga akhir tp ad 1 problem ketika jlan kok klaksonnya ga berfungsi/pelan bgt ga ad suara malahan dan klu berhenti bru bisa bunyi
BalasHapusSalam modifikasi bls
Maaf gan mau nanya sdh sya ikuti dari awal hingga akhir tp ad 1 problem ketika jlan kok klaksonnya ga berfungsi/pelan bgt ga ad suara malahan dan klu berhenti bru bisa bunyi
BalasHapusSalam modifikasi bls
Maaf gan mau nanya sdh sya ikuti dari awal hingga akhir tp ad 1 problem ketika jlan kok klaksonnya ga berfungsi/pelan bgt ga ad suara malahan dan klu berhenti bru bisa bunyi
BalasHapusSalam modifikasi bls
Makasih om artikelnya sangat membantu,,, ini baru selesai ngerubah arusnya, alhamdulillah lancar,, tinggal dibawa jalan" besok hehehe
BalasHapusMantap mas tutor nya. Btw yg komen bnyak masalah. Lihatlah tutor dengam detail. Sya anak Komputer aja bisa lakuin ginian hehe. Sing penting yakin.
BalasHapusMxold135 semakin jooos. Tinggal Acc ++ ��
Gan klo pake kiprok nmax gmna caranya gan ???
BalasHapusTolong ajarin gan
π€π€
BalasHapus